Tol Bocimi Tingkatkan Wisata Ke Sukabumi

Tol Bocimi

HiaceWisata.com – Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) yang mangkrak selama 18 tahun akhirnya telah diresmikan Untuk Seksi 1 (Bocimi) Ciawi – Gombong oleh Presiden pada Hari sabtu (1/12). Proyek Seksi 1 sepanjang 15 Kilometer ini diperkirakan menelan investasi sebesar Rp 7,7 Triliun.

Basuki Hadimuljono selaku Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan, “Saya kira banyak sekali (waktu yang dipangkas). Jika tidak lewat tol dari Ciawi menuju ke Cigombing memakan waktu 1,5 jam”. Jika melewati Tol Bocimi, waktu tempuhnya hanya 15 menit dari Ciawi ke cigombong dengan jarak 15 km.

Tol Bocimi sendiri terbagi dalam 4 seksi

Seksi 1 : Ciawi – Cigombong sepanjang 15 kilometer.
Seksi 2 : Cigombong – Cibadak sepanjang 11,98 kilometer.
Seksi 3 : Cibadak – Sukabumi Barat sepanjang 13,7 kilometer.
Seksi 4 : Sukabumi Barat – Sukabumi Timur sepanjang 13,05 kilometer.

Tol Bocimi Mangkrak

Pembangunan Tol ini seharusnya sudah dimulai dari tahun 1997. Karena proses pembebasan lahan tang sulit, akhir pembangunan tol ini pun mangkrak.

Masalahnya bukan disitu saja, kepemilikan saham PT trans Jabat Tol selaku pengelola jalan tol ini juga sempat berpindah-pindah, mulai dari kosorsium Bukaka hingga MNC Group sempat memegang kepemilikannya. 

Akhirnya setelah mangkarak cukup lama pada tahun 2015, PT Waskita Karya (Persero) Tbk yang ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo mengambil alih proyek ini melalui anak usahanya yaitu Waskita Toll Road. Sejak diambil alih pada tahun 2015, pekerjaan proyek ini menunjukan perkembangan.

Baca : Dampak Jalan Tol Trans Jawa Tersambung
            Tol Batang Semarang Kondisi terkini

Tol Bocimi Sebagai Jalan Utama Menuju Tempat Wisata

Seperti dikatakan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, waktu tempuh menuju cigombong sudah dipangkas secar signifikan. Tadi nya bisa sampai 1,5 jam Sekarang hanya 15 menit dan diharapkan Tol Bocimi Seksi 1 ini sebagai percepatan perekonomian masyarakat.

Dengan Hal tersebut diharapkan wilayah Sukabumi akan menjadi objek wisata alternatif bagi warga Jakarta dan sekitarnya yang biasanya berakhir pekan kewilayah Bandung.

Objek wisata alam yang ada di Sukabumi ini sebenarnya sangat menarik pengunjung tetapi, para pengunjung engan kesana karana sarana nya masih minim dan waktu tempuh yang lama.

Berikut ini adalah list objek wisata yang ada di Sukabumi :

Pantai Pelabuhan Ratu
Pantai Pelabuhan Ratu mungkin sudah tidak asing lagi dibenak anda, pantai yang berada 60 km dari kota Sukabumi ini memiliki pantai yang dikenal dengan gelombang tingginya, hal ini sangat cocok bagi anda yang suka dengan olah raga Selancar.

Ujung Genteng
Ujung Genteng merupakan salah satu lokasi wisata yang banyak menyimpan panorama keindahan alam yang bagus mulai dari pantai perbukitan dan air terjun, letaknya berada di Sukabumi Selatan.

hal yang paling menarik dari tempat ini adalah, pantai pangumbahan dimana anda dapat melihat penyu bertelur pada malam hari. Tidak itu saja anda dapat berinteraksi langsung dengan penyu, melalui pelepasan tukik (anak penyu).

 

Bagi anda yang ingin mencoba berlibur ke Sukabumi dan membutuhkan kendaraan dengan kapasitas besar, Seperti sewa elf, Sewa Toyota Hiace atau Bus pariwisata anda dapat menghubungi kami sebagai salah satu pusat persewaan Toyota Hiace di Jakarta.

 

 

 

WhatsApp chat Hi" Ada yang bisa kami Bantu?