Tol Batang Semarang Diresmikan Begini Kondisinya

Jembaran Kalikuto tol batang semarang

Tol Batang Semarang diresmikan pada tanggal 20 Desember 2018 lalu oleh presiden Jokowi, yukz kita intip kondisinya sekarang ini. Jalan Tol Batang Semarang ini mempunya panjang keseluruhan 75 km yang mengubungkan 3 kota di Jawa Tengah yaitu Semarang, Kendal dan Batang.

Dengan diresmikanya Tol Batang semarang ini membuat Tol trans Jawa sudah tersambung dari Merak Hingga Surabaya. Bagi anda yang ingin mudik di akhir tahun ini anda bisa menggunakan jalan tol tersebut. Tol Semarang Batang ini masih tahap uji coba dan tidak dikenakan biaya hingga tanggal 1 Januari 2019.

Kondisi Tol Batang Semarang

Dari pantauan gridoto.com keamanan bagi kendaraan yang melintas dirasa sudah cukup. Jalan yang terbilang mulus dan marka jalan sepanjang jalan sudah terpasang. Namun untuk rambu-rambu, papan petunjuk jalan serta pagar pembatas masih belum termasang semuanya. begitu pula dengan lampu penerangan hanya terpasang di beberapa titik yang dekat dengan gerbang Tol.

Rest Area 379 Tol Batang Semarang

Untuk rest area yang ada di ruas Tol Batang semarang ini ada empat rest area yang bisa dijadikan tempat untuk berisirahat jika anda lelah.

Diantaranya ada di jalan tol Batang arah Semarang KM 379 A dan 391 A. kondisi rest area ini masih dalam tahap pengerjaan. Meskipun masih dalam pengerjaan, fasilitas umum sudah ada seperti toilet, mushola, tempat makan dan tempat istirahat sudah ada.

Jembatan Kalikuto icon dari Tol Batang Semarang

yah jembatan ini adalah kebangaan dan menjadi panoramic bridge dari jalan tol ini, yang merupakan salah satu elemen penting dalam jaringan Tol Trans – jawa.

Saking pentingnya jembatan ini, PUPR Kementerian Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat mengusulkan rancangan khusus untuk memenuhi unsur estetika dan kekokohan jembatan tersebut.

Jembatan kalikuto memlilki bobot seberat 2.400 ton dan panjang bentangan 100 meter serta jalan pendekat dari kedua sisi masing-masing 32 meter hingga panjang keseluruhan dari jembatan ini sepanjang 164 meter.

Baca : Dampak Jalan Tol Trans Jawa Tersambung

berikut ini fakta menarik tentang jembatan Kalikuto :

  • Perakitan dilakukan di tiga tempat berbeda yaitu Serang, Tangerang, dan Pasuruan.
  • Sebagian materialnya dibuat di luar negeri yaitu Perancis, tetapi perakitnya adalah orang Indonesia
  • Bobot jembatan hingga 2.400 ton
  • stukturnya dirakit dilokasi pemasangan yang di klaim pertama kali di Indonesia.
  • terdiri dari 6 jalur, 3 jalur kir dan 3 jalur kanan.

WhatsApp chat Hi" Saya ingin menanyakan untuk sewa mobil?