Selain Wiper Mobil, komponen ini harus diperhatikan

Wiper mobil dalam kondisi hujan bermebun

Hiacewisata – Bagian terpenting dimusim hujan adalah penyapu kaca yang lazim disebut dengan wiper.  Wiper Mobil ini sangat penting ketika kondisi hujan, Bagian karet wiper jika tidak bagus akan menggangu pandangan anda yang disebabkan penyapuan air di kaca mobil tidak sempurna.

Bukan karet wiper mobil saja yang harus diperhatikan melainkan ada beberapa komponen yang berhubungan dengan kinerja wiper mobil tersebut. Komponennya adalah washer fluid Nozzel atau biasa disebut dengan penyemprot air wiper. Bagian ini ketika musim panas jarang digunakan yang bisa membuat kotor pada lubangnya dan berdampak air yang dikeluarkan tidak maksimal.

Parahnya lagi jika sudah benar-benar tersumbat dan tidak berfungsi berakibat motor air wiper bisa rusak. Kenapa bisa motor air wiper mobil bisa rusak? Kami akan sedikit menjelaskanya, ketika anda menekan tombol air wiper untuk menyemportkan air ke kaca mobil  dan nozzle nya tersumbat. Hal ini membuat motor air bekerja tetapi kerjanya tertahan dan lama kelaman akan terbakar.

Menjaga Kesehatan Wiper Mobil

Jika nozzle air wiper tidak bisa menyemburkan air, hal pertama yang anda bisa lakukan adalah dengan mengecek tabung air wiper apakah dalam kondisi penuh atau kering, jika kering silahkan masukan air dan jangan lupa tambakan cairan pembersih wiper. Tambahan cairan pembersih ini ditujukan untuk bisa membersihkan sisa minyak yang ada pada kaca anda.

Setelah itu anda dapat mencoba lagi, jika masih tidak bisa mennyeburkan air silahkan diperiksa bagian motor air wiper apakah masih bekerja atau tidak. Gantilah motor air wiper sekitaranya sudah tidak bekerja dengan optimal.

Setelah dua hal itu anda lakukan tapi masih saja tidak bisa anda bisa melihat nozzle air wiper yang biasanya ada kotoran yang sudah mengeras dibagian lubang penyemburan air wiper akibat sudah lama tidak digunakan.

Untuk caranya memperbaiki cukup mudah, anda bisa membersihkan dengan mengandalkan peniti, peniti ini ditusukkan pada lubang nozzle air wiper sambal diputar beberapa kali untuk mengeluarkan kotoran yang ada di ujung nozzle.  Cukup simple dan mudahkan untuk menjaga kesehatan wiper mobil anda.

WhatsApp chat Hi" Saya ingin menanyakan untuk sewa mobil?