Daftar Tarif Tol Trans Sumatera untuk Mudik Lebaran 2019

Tarif  Tol Trans Sumatera  Bakauheni hingga Medan

hiacewisata.com – Kehadiran jalan tol Trans Sumatera sudah sangat dinanti untuk kelancaraan arus transporasti antara pulau Jawa dan Sumatera. Pada musim mudik lebaran 2019 ini Tol Bakauheni – Palembang sudah tersambung dan bisa dilewati bagi para pemudik.

“Dengan hadirnya ruas Jalan tol yang sudah terbangun, diharapkan lalu lintas kendaraan saat mudik dapat jauh lebih teratur, selain itu juga dapat memangkas waktu perjalanan.” Kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPTJ) dikutip dari situs BPTJ

Pada tanggal 8 Maret 2019 lalu Presiden Joko Widodo telah meresmikan  Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni РTerbanggi Lampung/

Pemerintah memberikan dorongan untuk menyelesaikan pembangun Tol di Sumatera agar dapat memangkas biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk di tiap daerah. Peletakan batu pertama dilakukan pada tanggal 30 April 2015, merupakan tonggak awal pengerjaan Tol yang menghubungkan Lampung – Aceh sepanjang 2.700 KM.

sebelumnya pada tahun 2007 Kementerian PUPR bersama Koica (Korean Internasional Cooperation Agency) telah menyelesaikan rancangan Tol Trans Jawa. Pada tahun 2014 keluar perpress No 10 tahun 2014 tentang percepatan pembangunan Tol Trans Sumatera.

Tarif Tol Trans Sumatera

Keputusan Menteri PUPR Nomor 305/KTPS/2019 telah terbit yang mengatur tentang tarif tol trans Sumatera ruas Bakauheni – Terbanggi Besar dengan panjang lintasan 140.9 Km. Pemberlakukan tarif ini sudah dimulai dari tanggal 17 Mei 2019 adapun besaran tarif nya adalah sebagai berikut :

Tarif  Tol РBakauheni РTerbanggi Besar :

  • Golongan I Sebesar Rp 112.500
  • Golongan II Sebesar Rp 168.500
  • Golongan III dan IV Sebesar Rp 224.500

Menteri PUPR juga telah mengatakan pemberlakuan tarif sudah melalui proses sosialisasi selama 2 bulan. Ujicoba tanpa tarif dilakukan selama 2 bulan untuk melihat animo masyarakat atas kehadiran ruas Tol. Hasilnya dapat dilihat dengan peningkatan intensitas pergerakan orang dan logistik yang lebih cepat.

untuk ruas tol Terbanggi besar ke Palembang masih dalam proses pembangunan, tapi untuk mudik tahun 2019 ini ruas tol tersebut dapat difungsikan. dengan terkonektifitasnya Lampung – Palembang diharapkan akan mengurangi kemacetan yang biasa terjadi ketika musim mudik tiba

Tarif Tol Sumatera Lainnya :

  • Medan (Veteran) – Binjai = Rp13.000
  • Tanjung Morawa – Tebing Tinggi = Rp53.500
  • Belawan – Tanjung Morawa = Rp8.000
  • Belawan – Tebing Tinggi = Rp61.000
  • Kualanamu – Tebing Tinggi = Rp50.000

 

 

WhatsApp chat Hi" Saya ingin menanyakan untuk sewa mobil?